Jual Minuman Es Buah di Yogyakarta

Jual Minuman Es Buah di Yogyakarta, Telah tahu asal dari sebagian es khas Indonesia ini? – Kebanyakan masyarakat Indonesia memilih es sebagai hidangan penutup atau camilan. Sebagai negara tropis, Indonesia identik dengan musim panasnya. Layak sekali mengkonsumsi es di siang hari. Rasa segar dapat merubah mood jadi lebih bagus. Apa saja es khas Indonesia? Simak review berikut.

Jual Minuman Es Buah di Yogyakarta
Jual Minuman Es Buah di Yogyakarta

Es dawet
Es dawet berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Terbuat dari tepung beras yang diolah, lalu diberikan tambahan pewarna hijau dari daun suji (daun pandan).

Es dawet ireng
Ireng dalam bahasa Jawa berarti hitam. Warna hitam berasal dari merang (abu bakar jerami). Dalam penyajiannya, dawet ireng lebih banyak dibanding kuahnya.

Es selendang mayang
Es ini berasal dari Betawi dan kini susah ditemukan. Umumnya diperkenalkan dalam acara pernikahan orang Betawi atau lebaran. Bahan dasarnya yakni tepung hunkwe.

Es doger
Minuman ini berbahan dasar santan kelapa, umumnya berisi tape, ketan hitam, alpukat, dan potongan daging kelapa. Dapat ditambahkan potongan roti tawar dan sagu mutiara. Es doger berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Kata doger berasal dari “dorong gerobak”.

Es goyobod
Es goyobod berasal dari Garut, Jawa Barat. Goyobod berasal dari Bahasa Sunda yang artinya berair kuyup. Terdiri dari irisan tepung hunkwe, tape singkong, tape hitam, buah alpukat, ketan, kolang-kaling, dan daging kelapa muda lalu disiram kuah. Kuahnya terbuat dari santan, susu, dan air kelapa.

Es podeng
Podeng dalam bahasa Madura artinya putar. Es podeng dijadikan secara tradisional dengan metode diputar. Diperkenalkan dengan taburan kacang tanah yang dicacah kasar, meses, dan kental manis coklat.

Es teler
Es teler berasal dari Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Bermula dari seorang pengunjung yang mengatakan bahwa “esnya bikin teler”, sebab kenikmatannya bikin merem melek. Isinya ada anggur, semangka, nangka, apel, alpukat, kelapa, dan kental manis.

Es cendol
Es cendol merupakan minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung hunkwe dikasih warna daun pandan natural, serutan es, santan, dan gula merah. Asal nama cendol bermula dari orang-orang yang menikmati sensai jendolan dari cendol.

Es nona
Dulunya, es ini dijajakan oleh seorang perempuan dengan sapaan “nona”. Es ini berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Berisi potongan pepaya, kacang merah, tape, dan kental manis. Pepaya yang diterapkan merupakan pepaya yang sudah direndam air kapur sirih, membuatnya renyah saat digigit.

Es pisang ijo
Ini salah satu es yang tak jarang kita jumpai. Es pisang ijo berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Disebut es pisang ijo sebab ada pisang yang dibalut dengan tepung berwarna hijau. Lalu, disiram dengan kuah santan dan sirop. Ada yang menambahkan bubur sumsum, sagu mutiara, dan ketan hitam.

Es legen
Es legen ini cukup susah ditemukan. Legen terbuat dari legen pohon siwalan. Dapat ditemukan di tempat Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Rembang, Tuban, Pati, dsb.

Es laksamana mengamuk
Mempunyai nama yang cukup unik. Es laksamana mengamuk berasal dari Riau. Berisi buah mangga kweni, serutan kelawa dengan kuah santan, selasih, susu, serta air gula putih.

Es kacang merah
Minuman ini gampang dijumpai dimana saja. Es kacang merah berasal dari Palembang dan Manado. Apabila es kacang merah asal Palembang dilengkapi siraman sirop merah, padahal es kacang merah Manado menerapkan kental manis coklat.

Es pleret
Es pleret berasal dari Blitar, Jawa Timur. Terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, dan air. Adonan hal yang demikian disusun menjadi gempol atau bulatan kecil dan pleret atau adonan yang dipipihkan. Lalu, disiram dengan sirop coco pandan, kuah santan, dan es batu.

Es tambring
Salah satu minuman segar yang berasal dari Bali. Minuman ini menerapkan putih telor sebagai salah satu bahan utama, namun tak mewujudkan bau anyir. Es tambring terdiri dari campuran gula jawa, air kelapa, dan gula pasir.

Es lahang
Dapat disebut sebagai minuman isotonik tradisional. Es lahang berasal dari Sunda. Terbuat dari nira atau sadapan buah aren. Menyadap aren memerlukan keahlian khusus, itulah yang membikin es ini menjadi istimewa.

Es lontrong slawi
Es lontrong slawi berasal dari Slawi (Tegal, Jawa Tengah). Disebut lontrong sebab di tempat Slawi, minuman ini dipasarkan di gang kecil bernama gang Lontrong. Es serut yang dikasih isian kacang hijau, cincau, sirop merah, es batu, dan santan. Kadang diberikan tambahan kolang-kaling dan potongan roti tawar.

Es lidah buaya
Lidah buaya adalah tanaman berdaun hijau tebal berduri yang komponen dalamnya mirip dengan jelly. Es ini yakni minuman khas dari Potianak, Kalimantan Barat. Sistem membuatnya malahan gampang. Siapkan wadah berisi potongan lidah buaya dan air gula, lalu tambahkan es batu. Minuman ini segar sekalian menyehatkan.

Es timun serut
Minuman ini gampang dijumpai di Aceh. Untuk resep es timun serut selasih Aceh orisinil, umumnya disampaikan dengan sirop gula atau sirop kemasan berwarna merah yang kental. Lalu disiram perasan air jeruk nipis.

Es terka
Es terka salah satu minuman khas dari Sumatera Barat. Pada dasarnya, es terka ini yakni es campur. Berisi potongan nangka, kolang-kaling, cincau, daging kelapa muda, tape, alpukat, dan terka. Terka ialah makanan khas Sumatera Barat, dihasilkan dari tepung beras yang disusun seperti mie sesudah dimasak menyerupai cendol.

Dari 20 es khas Indonesia yang sudah diceritakan, mana yang jadi favoritmu? Ayo lestarikan masakan Indonesia. Semoga tulisan ini berkhasiat. Jual Minuman Es Buah di Yogyakarta
LihatTutupKomentar